Ather 450X: motor listrik menarik dari India - Suarakan Pendapatmu dengan Gembira

Suarakan Pendapatmu dengan Gembira

i speak therefore i am

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 30 Mei 2020

Ather 450X: motor listrik menarik dari India



Ather Energy, satu pemain baru motor listrik yang cukup pesat progress-nya di India, baru-baru ini melansir produk berjuluk Ather 450X, yang diklaim sebagai pelopor skuter listrik premium di negaranya.

Secara bentuk desain, motor ini tak tampak futuristik. Tampil ala skuter lazimnya, dengan bodi yang cukup semok, Ather 450X cukup didongkrak penampilannya oleh monoshock yang berada di tengah lengan ayun layaknya motor laki, dan disc brake untuk roda depan dan belakang.

Dari segi kinerja, Ather 450X lumayan asyik dikendarai. Motor listriknya sebesar 6kW bisa menghasilkan power maksimal 4.4 PS dan torsi 26 Nm, dan bisa dipacu dengan top speed 80 km/jam dengan akselerasi yang bagus (0-40 Km/jam diperoleh dalam 3.3 detik). Untuk kenyamanan berkendara, skuter ini dibekali empat mode: Eco, untuk pengendaraan santai di tengah kepadatan lalu lintas. Lalu mode RIDE, untuk berkendara di lalu lintas normal. Untuk pengendaraan yang lebih agresif, bisa dipilih mode Sport atau Warp. Mode yang terakhir ini mempunyai torsi yang cukup memukau, yakni hanya membutuhnya 3,3 detik untuk melaju dari kecepatan 0 hingga 40 km/jam.   

Nah, yang sangat menarik dari skuter listrik ini adalah prosesor bersistem Android yang bertugas melakukan diagnosa kendaraan, sekaligus berintegrasi langsung dengan jaringan seluler. Ather 450X dibekali simcard 4G, dan bisa juga terkoneksi Wi-Fi. Skuter ini telah ditanamkan Processor Snapdragon 212, RAM 1 GB, dengan Storage 8 GB, dan berjalan dengan Android. Dengan demikian, Ather 450X menawarkan fitur laksana android auto dalam sebuah headunit mobil, seperti Bluetooth smartphone pairing, Ride Stats, Navigasi Peta, Live Location and Pelacakan Posisi Kendaraan, Music Control, Call Control, Welcome Lights, dan Voice Assistant. Melalui layar sentuh selebar 7", pengendara bisa mengatur panggilan telepon dan SMS dari sana. Pabrikan juga menawarkan update OS dan firmware secara langsung (OTA).

Dengan harga dibandrol sekitar 30 juta rupiah, tampaknya skuter listrik ini belum disambut meriah oleh publik India. Rata-rata konsumen di sana masih mengeluhkan harganya yang cukup mahal (bila dibandingkan dengan motor bertenaga bensin), dan kurang handalnya fitur yang diunggulkan tadi. Mungkin respon rider Ather 450X ini perlu diakomodasi oleh pabrikan, dan bisa menjadi input perbaikan ke depannya.

(dikutip dari www.otomodify.blogspot.com) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages